Selasa, 01 November 2016
KONSEP BIAYA PRODUKSI
KONSEP BIAYA PRODUKSI
1) Biaya Relevan yaitu dapat digunakan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis. Biaya relevan ini sangat berperan bila perusahaan dihadapkan pada masalah pilihan yang cukup pelik antara menerima atau menolak, antara menghentikan atau melanjutkan, antara membeli atau membuat, atau antara dijual di titik pisah atau setelah titik pisah dan sebagainya.
• Ciri – ciri biaya relevan
– Biaya dapat dihindari dengan suatu keputusan manajemen
– Biaya tersebut belum terjadi
– Biaya yang akan terjadi itu nilai berbeda untuk setiap alternatif.
– Biaya tersebut benar-benar memberi pengaruh didalam keputusan
• Cara menentukan apakah biaya tersebut relevan
– Mengumpulkan seluruh biaya yang terkait dengan masing2 alternatif
– Meng-eliminasi biaya terbenam (sunk cost)
– Mengeliminir biaya yang jumlahnya tidak berbeda
2) Biaya Alternatif (opportunity cost) Yaitu nilai dari sumber-sumber ekonomi dalam penggunaan alternatif yang paling baik. Sumber-sumber ekonomi termasuk faktor produksi, misalnya bahan kayu, tenaga kerja, dapat digunakan secara alternatif. Apabila kayu tersebut telah digunakan untuk menghasilkan sesuatu barang maka ada kesempatan yang hilang untuk menghasilkan barang lain dengan kayu tersebut. Nilai kesempatan yang hilang ini merupakan biaya kesempatan. Biaya kesempatan tercermin dari harga faktor produksi tersebut di pasar.
3) Biaya Eksplisit versus implisit
o Biaya eksplisit adalah biaya yang secara nyata dikeluarkan perusahaan, atau biaya yang dikeluarkan dimana terdapat pembayaran kas. Misalnya pengeluaran untuk membeli bahan baku untuk produksi, untuk membayar tenaga kerja langsung yang berkaitan dengan produksi dan sebagainya.
o Biaya implisit adalah nilai dari input yang dimiliki perusahaan yang digunakan dalam proses produksi, tetapi tidak sebagai pengeluaran nyata yang dikeluarkan perusahaan. Biaya implisit juga dapat diartikan sebagai biaya non kas yang diukur dalam konsep biaya kesemptan. Biaya implisit yang berkaitan dengan setiap keputusan jauh lebih sulit untuk dihitung. Biaya-biaya ini tidak melibatkan pengeluaran kas dan karena itu sering diabaikan dalam analisis keputusan. Karena pembayaran kas tidak dilakukan untuk biaya implisit, konsep biaya kesempatan harus digunakan untuk mengukurnya.
4) Biaya Marginal Yaitu biaya tambahan yang diperlukan untuk tambahan satu unit produk yang dihasilkan. Munculnya MC karena adanya perluasan produksi yang dilakukan perusahaan dalam rangka menambah jumlah produk yang dihasilkannya. MC dapat dihitung dengan cara membagi tambahan TC (∆TC).
Jadi,MC dapat dirumuskan sebagai berikut:
MC = TC / Q
Keterangan:
MC= Biaya marginal (marginal cost)
∆TC= Perubahan biaya total (total cost)
∆Q= Perubahan kualitas barang dan jasa
5) Biaya Inkremental Yaitu biaya yang timbul sebagai akibat dari adanya suatu pengambilan keputusan. Biaya ini merupakan perubahan biaya total yang disebabkan adanya suatu keputusan yang dibuat. Biaya inkremental bisa bersifat tetap (fixed) atau variable, karena sebuah keputusan yang baru mungkin mengharuskan pembelian fasilitas modal tambahan, tambahan tenaga kerja dan bahan – bahan ekstra lainnya.
Biaya inkremental ini harus diidentikasi secara tepat. Hanya biaya – biaya yang berubah secara nyata sebagai akibat dari suatu keputusan yang boleh dimasukkan, tetapi semua biaya yang berubah sebagai akibat dari adanya keputusan tersebut harus dimasukkan. Faktor – faktor produksi yang menganggur (tak terpakai) yang tidak mempunyai penggunaan alternative tidak mempunyai biaya inkremental dan oleh karena itu bisa dianggap tidak mempunyai biaya. Biaya yang yang telah dikeluarkan untukpembelian mesin – mesin atau pabrik dan bangunan – bangunan harus dianggap sunk cost dan tidak dimasukkan ke dalam proses pembuatan keputusan kecuali tumbalnya positif. Karena itu tanpa adanya suatu kemungkinan penggunaan alternative dan tanpa adanya suatu penggunaan yang menguntungkan dari suatu sumber daya yang dimilki, maka biaya inkremental sumberdaya tersebut adalah nol.
6) Biaya Hangus Yaitu biaya yang telah terjadi di masa yamg lalu dan tidak mempengaruhi perkiraan biaya di masa yang akan datang dalam penentuan tindakan.
7) Biaya jangka pendek dan jangka panjang
A. Jangka Pendek
- periode dimana input
produksi bersifat
tetap
- orientasinya untuk
keputusan operasi
sehari-hari
- terkait dengan
marginal cost
B. Jangka Panjang
- periode dimana input
produksi berubah
- orientasinya untuk
perencanaan jangka
panjang
- terkait dengan
inkremental cost
Adanya perpotongan antara AC dan MC yang juga sama dengan tingkat harga P1 atau sama dengan MR, memberikan arti bahwa perusahaan dalam kondisi untung normal. Perusahaan dikatakan memperoleh keuntungan normal apabila hasil penjualan totalnya sama dengan ongkos total. Ongkos total di sini yang dimaksudkan adalah telah meliputi explisit cost dan implisit cost.
Ketika harga dipasar dapat ditingkatkan menjadi P0, atau lebih besar dibanding dengan AC, maka perusahaan mengalami keuntungan yang lebih dari normal. Keuntungan dicapai ketika output produksi sebesar Q0. Besarnya keuntungan ditunjukkan oleh area persegi panjang AEP0B.
Laba jenis ini hanya akan bersifat jangka pendek, karena tingkat perolehan laba seperti ini akan menimbulkan daya tarik pemain baru yang kemudian menjadi pesaingnya.
Tingkat belum untung tapi masih bisa berjalan jika tingkat harga yang berlaku di pasar lebih rendah dibanding dengan rata-rata biaya (AC) yang dikeluarkan perusahaan. Namun tingkat harga tersebut lebih besar dari rata-rata biaya variabel (AVC). Perlu diingat bahwa AVC adalah rata-rata biaya yang besarnya dipengaruhi oleh total produksi. Gambar tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memperoleh revenue yang lebih besar dari AVC, tetapi kelebihan tersebut belum mampu menutup biaya tetapnya (AFC). Dalam kondisi seperti ini, perusahaan perlu terus beroperasi, karena kalau tidak beroperasi akan mengalami kerugian yang lebih besar lagi, yaitu sebesar biaya tetapnya.
Kondisi rugi dan harus berhenti jika tingkat revenue lebih rendah dari AVC. Ini berarti perolehan perusahaan tidak dapat lagi menutup ongkos produksi. Dalam kondisi seperti ini, maka operasional perusahaan perlu dihentikan. Karena kalau diteruskan akan menyebabkan semakin membengkaknya tingkat kerugian yang mengarah pada timbulnya kebangkrutan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar